Tentang Tulisan Kehidupan

Tentang Tulisan Kehidupan

Tulisan tentang kehidupan, begitulah mungkin secara sederhana mengartikan judul ini, sebuah judul yang sederhana dan biasa saja, dan mungkin banyak judul yang sama karena memang dua kata yang umum dipakai, misalnya “Tulisan Kehidupan Seorang Lelaki” atau yang lainnya. Biografi, mungkin itu juga bisa sebagai salah satu makna judul ini, tapi bukan itu maksud awalnya. Entahlah ke mana judul ini akan menuju, yang jelas penulis hanya ingin menyampaikan sesuatu tentang kehidupan sebagai sebuah usahanya dalam belajar tentang kehidupan. Dan penulis bukanlah ahli kehidupan atau ahli tulisan, ia hanyalah seorang musafir kehidupan seperti manusia lainnya.

Kehidupan Telah Tertulis

Kehidupan ini telah tertulis dalam tempat penulisan yang terjaga, Lauh Mahfudz (Papan yang Terjaga), tertulis oleh makhluk yang pertama kali diciptakan yaitu al-Qolam (sang Pena), atas perintah dari ALLAH Al-Hayyu (Sang Maha Hidup) yang telah menciptakan kehidupan, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia, ALLAH Robb seluruh alam. Tinta telah kering dan taqdir telah ditetapkan, hanya saja kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi tanpa pemberitahuan dari-Nya, dan kita diperintah tuk berusaha, setiap yang telah terjadi itulah takdir yang bisa kita ketahui. Tidak ada kejadian apapun dalam kehidupan ini melainkan dalam kendali-Nya.

Kehidupan Agama

Mungkin ada sebagian Anda yang tidak tertarik dengan agama, maka itu bertolak belakang dengan penulis dan juga banyak manusia lainnya, tentunya Anda sudah bisa merasakannya. Namun penulis bukanlah ahli agama, ia hanya ingin menyampaikan tentang agama dalam hal-hal tertentu, namun mungkin agama telah mewarnai tulisannya, karena agama telah mempengaruhi hidupnya, menyelamatkan hidupnya, dan juga banyak manusia lainnya.

Berbagai Kehidupan

Kehidupan ini mempunyai berbagai cabang pokok bahasan yang telah menjadi kerangka kehidupan manusia di dunia, sebagaimana telah disebut sebelumnya dan pada kategori, selain agama, ada ilmu pengetahuan, sosial kemanusiaan, bahasa, kenegaraan dan lainnya. Semuanya itu menarik bagi penulis, namun mungkin belum banyak tulisan yang melebihi pada kategori tentang Islam karena mungkin itulah yang sedang menjadi ketertarikan utamanya, sedang merasakan begitu indah dan pentingnya bagi kehidupannya. Dan entah bagaimana tulisan kehidupan ini selanjutnya, belum ada kejelasan yang pasti.

Belajar Tulisan dan Kehidupan

Sebenarnya tulisannya sendiri masih sedikit, masih banyak postingan yang mengutip dari berbagai sumber. Keterbatasan kemampuan, ilmu dan kesempatan, itulah yang dijadikan alasan, disamping kemalasan. Ia masih perlu banyak belajar menulis atau belajar tulisan agar tulisannya tidak sembarangan semaunya sendiri, agar tulisannya bermanfaat dan berkualitas. Kemudian, walaupun telah hidup bertahun-tahun di  dunia ini, ia masih perlu banyak belajar kehidupan, agar hidupnya lebih baik dan bermanfaat.

Kehidupan Berbagi

Kehidupan berkembang dengan adanya para peramai kehidupan, masyarakat tulisan kehidupan baik yang tercantum maupun tidak, yang dekat maupun jauh. Pengaruh tulisan, kehidupan dan semangat mereka menjadikan tulisan kehidupan menjadi lebih hidup walau mungkin belum sehidup yang diharapkan tapi itu telah memberi harapan. Berbagi telah menumbuhkan kehidupan. Ucapan terima kasih dan maaf selalu ingin disampaikan kepada seluruh masyarakat kehidupan  dan  atas kebaikan-kebaikan mereka dan kekurangan diri sendiri.

Kehidupan Akhir

Entahlah apakah rangkaian kalimat di atas penting, ingin segera diakhiri dulu. Kehidupan memang akan berakhir namun ternyata akan menuju kehidupan baru. Kehidupan akhir adalah tujuan dan hasil dari kehidupan awal. Siapa yang ingin baik kehidupan akhirnya maka kehidupan awalnya harus baik. Belajar kehidupan agar kehidupan awal kita yaitu di dunia ini menjadi lebih baik dan menuju kehidupan akhir yang lebih baik.

Doa Kehidupan

Kehidupan ini terasa hampa tanpa do’a, berdo’a kepada yang menguasai kehidupan.  Semoga ALLAH senantiasa memberi kita petunjuk dalam kehidupan ini sehingga hiduplah hati kita dengan mengenal-Nya, selalu ingat dan dekat kepada-Nya, itulah seindah-indahnya kehidupan.

——————

Bila mau baca lagi Halaman About

  1. 11 Februari 2011 pukul 5:57 PM

    sangat menyedihkan apa bila selalu d sakiti atau d bohongin

  2. 11 Februari 2011 pukul 6:03 PM

    hmm…gamana caranya ea,biar bisa sakit hati it hilang

    Dan : .. coba baca ini: https://danangwirawan.wordpress.com/2010/02/10/doa-penawar-kesedihan-yang-mendalam/ ..

  3. nita
    10 Juli 2011 pukul 3:34 PM

    setuju…tp walaupun dibohongi knp y..tetap memaafkan…???

  4. 1 Juni 2012 pukul 8:12 PM

    Artikel yang menarik dan mendidik.

  5. 1 Juni 2012 pukul 8:12 PM

    Artikel yang menarik dan mendidik.
    Salam..

  6. ira
    2 Juni 2012 pukul 9:25 PM

    menarik dan bermanfaat

  7. 20 Oktober 2012 pukul 7:23 PM

    It’s remarkable to visit this web page and reading the views of all friends about this post, while I am also eager of getting familiarity.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: