Beranda > rumah tangga > Hak Suami yang Harus Dipenuhi Istri

Hak Suami yang Harus Dipenuhi Istri

Ketaatan Istri Kepada Suaminya

Setelah Wali (orang tua) sang isteri menyerahkan isteri kepada suaminya, maka kewajiban taat kepada sang suami menjadi hak yang tertinggi yang harus dipenuhi seorang isteri kepada suaminya, setelah kewajibannya kepada Allah dan Rasul-Nya Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Kalau seandainya aku boleh menyuruh seorang untuk sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya”. (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Al-Baihaqi)

Sang isteri harus taat kepada suaminya, dalam hal-hal yang ma’ruf (mengandung kebaikan dalam hal agama), misalnya ketika diperintahkan untuk mendirikan shalat, berpuasa, mengenakan busana muslimah, menghadiri majlis ilmu, dan bentuk-bentuk perintah lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan syari’at. hal inilah yang justeru akan mendatang kan surga bagi dirinya.

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Apabila seorang wanita mengerjakan shalat yang lima waktu, berpuasa dibulan Ramadhan, menjaga kemaluannya,menjaga kehormatannya dan dia taat kepada suaminya. niscaya dia akan masuk surga dari pintu surga mana saja yang dia kehendaki”. (HR. Ibnu Hibban)

Istri Harus Banyak Bersyukur dan Tidak Banyak Menuntut

Perintah ini sangat ditekankan dalam islam, bahkan Allah ta’ala tidak akan melihatnya pada hari kiamat, manakala sang isteri banyak menuntut kepada suaminya dan tidak bersyukur kepadanya.

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Sesungguhnya aku diperlihatkan neraka dan melihat kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, Sahabat bertanya : … Sebab apa yang menjadikan mereka paling banyak menghuni neraka … , Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menjawab : … Denga sebab kekufuran, Sahabat bertanya : … Apakah dengan sebab mereka kufur kepada Allah … , Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menjawab : … (Tidak). Seorang suami dari kalian berbuat kebaikan kepada isterinya selama setahun, kemudian isterinya melihat sesuatu yang jelek pada diri suaminya, maka ia pun mengatakan … ‘aku tidak pernah melihat kebaikan pada dirimu’ … “.(HR.Bukhari, Muslim, Malik, ‘Abu ‘Awanah, An-Nasa’i, dan Al-Baihaqi)

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Sesungguhnya Allah tidak akan melihat kepada seorang wanita yang tidak bersyukur kepada suaminya, dan dia selalu menuntut [tidak pernah merasa cukup]. (HR. An-Nasa’i, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi)

Istri Harus Berbuat Baik Kepada Suaminya

Perbuatan ikhsan (baik) seorang suami harus dibalas pula dengan perbuatan yang serupa atau yang lebih baik lagi. isteri harus berkhidmat kepada suaminya dan menunaikan amanah untuk mendidik anak-anaknya, menurut syari’at islam yang mulia. karena Allah Ta’ala telah mewajibkan kepada seorang isteri untuk mengurus suaminya, mengurus rumah tangganya, dan mengurus anak-anaknya.

bersambung

sumber:   Kiat-Kiat Istimewa Menuju Keluarga Sakinah

Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

http://moslemsunnah.wordpress.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: