Beranda > sosial > Rokok itu Racun, Jendral..

Rokok itu Racun, Jendral..

Sebagaimana kata pepatah.. “Jika ingin menghancurkan suatu negara, sebarkan rokok di masyarakatnya”. Entah pepatah itu dari mana, mungkin hanya di angan saja. Iya, rokok itu racun Jendral, di Indonesia, setiap harinya, seribu orang lebih meninggal karena rokok. 

Seorang sahabat saya dahulu pecandu rokok, kemudian ia mulai aktif mengikuti pengajian, dan mendapat hidayah Allah bahwa rokok itu haram. Namun ia belum bisa meninggalkannya, ia merasa berdosa.

Karena ia sering mengikuti kajian yang memperingatkan dari dosa-dosa, akhirnya suatu saat ia bertekad akan meninggalkan rokok, dengan bersusah payah menghadapi godaan. Suatu hari, ia membeli sesuatu kemudian  ada kembaliannya, seharga sebatang rokok. Ia pun tergoda dan akhirnya membelinya, karena ia sedang suntuk.

Kemudian dia mencoba menghisapnya, namun apa yang terjadi? ternyata  ia tak menikmatinya, bahkan ia merasa jijik..  dan kemudian ia muntah.  Sejak saat itu ia membenci rokok, dan tidak pernah menyentuhnya. Walhamdulillaah, Allah telah memberikan Hidayah yang sangat berharga kepadanya.

Menurut Data yang disurvei oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2006-2007, sekitar 427 ribu orang meninggal setiap tahun di Indonesia karena rokok.

Sekitar setengah dari jumlah perokok, akan meninggal akibat rokoknya. Separuh dari mereka yang meninggal itu akan tutup usia pada umur 35-69 tahun.

”Sekitar 100 juta orang meninggal akibat rokok di abad ke-20. Kalau situasinya tetap seperti ini, maka akan ada satu miliar orang yang akan mati akibat rokok di abad ke-21 ini, kematian akibat rokok di kalangan pria di negara maju sebanyak 1,6 juta orang. Di negara berkembang sebesar 1,8 juta orang. Jadi, total pria yang meninggal akibat rokok sebanyak 3,4 juta orang.

Sedangkan wanita di negara maju yang meninggal akibat benda ini sebanyak 0,5 juta orang. Di negara berkembang sebanyak 0,3 juta orang. Totalnya sebanyak 0,8 juta orang. Dengan demikian, total kematian pada 2000 akibat rokok adalah 4,2 juta per tahun, atau 350 ribu per bulan, atau 11.666 per hari, atau 486 per jam.

”Tercatat ada delapan orang meninggal dunia setiap menit di dunia akibat rokok,”

Pada asap rokok terdapat sekitar 4.000 bahan kimia berbahaya. Asap ini terbagi dua, yaitu asap utama (main stream smoke) yang keluar dari pangkal rokok dan asap sampingan (side stream smoke) yang keluar dari ujung rokok.

Zat-zat berbahaya tersebut meliputi aseton (cat), ammonia (pembersih lantai), arsen (racun), butane (lighter fuel — bahan bakar ringan), kadmium (aki mobil), karbon monoksida (asap knalpot), DDT (insektisida). Selain itu juga hidrogen sianida (gas beracun), methanol (bensin roket), naftalen (kamper), toluene (pelarut industri), vinil klorida (plastik), dan masih banyak lagi.

Akibat yang ditimbulkan zat-zat berbahaya tersebut adalah gangguan pada paru, yaitu penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang meliputi bronkhitis kronik dan emfisema. Juga kanker paru (bukan karsinoma sel kecil dan karsinoma sel kecil), penurunan faal paru, dan penyakit paru lainnya.

”Rokok juga mengakibatkan gangguan reproduksi pada pria dan wanita. Pada pria berupa impotensi, infertilitas, dan gangguan sperma. Sedangkan pada wanita berupa nyeri haid, menopause lebih awal, dan infertilitas,”

Penyakit atau masalah lain yang ditimbulkan karena rokok adalah rambut (bau dan kotor), mata (berair, sering berkedip, katarak, degenerasi macula, kebutaan), kulit (keriput, penuaan dini), hidung (gangguan penciuman), gigi (diskolorisasi, plak, longgar, gingivitis), dan mulut (bau mulut, nyeri tenggorok, gangguan mengecap rasa).

Berbagai jenis kanker juga mengancam para perokok. Antara lain kanker mulut yang berpotensi lima kali lebih besar, kanker tenggorok sembilan kali lebih besar, kanker kandung kemih dua hingga tiga kali lebih besar, kanker bibir, pipi, lidah, kanker pankreas, esofagus, dan kanker leher rahim.

Pada wanita hamil, rokok bisa menyebabkan keguguran, gangguan tumbuh kembang anak dan penyakit lain pada anak, gangguan oksigen janin, dan gangguan enzim pernapasan. Jika ibu merokok 10 batang per hari, maka kemungkinan anaknya akan menderita asma dua kali lebih besar.

Selama ini banyak yang beranggapan, merokok meningkatkan kejantanan. Padahal berdasarkan penelitian, rokok sangat berperan dalam penyebab gangguan disfungsi ereksi pada laki-laki. Karena rokok mampu meningkatkan hingga tiga kali lipat kemungkinan seseorang terkena penyakit pembuluh darah faskuler termasuk hipertensi, diabetes dan hiper kolesterolimia.

Bahkan bila terdapat gabungan merokok dan gangguan kardio faskuler serta diabetes, maka angka kejadiannya akan menjadi tiga kali lebih tinggi. Penelitian terbaru membuktikan, rokok dapat mempengaruhi gejala gangguan jiwa dan kerapuhan jaringan saraf.

Dari hasil penelitian di negara-negara maju terbukti, bahwa sebanyak 75 sampai 85 persen perokok ditemukan dikalangan penderita gangguan jiwa berat. Bahkan penderita gangguan jiwa berat jika merokok cenderung menjadi perokok yang sangat berat.

Berdasarkan data WHO, Indonesia menduduki peringkat 5 dunia dalam pengkonsumsian rokok. Yaitu 215 milyar batang pertahun, atau 400 ribu batang lebih setiap menitnya. Jumlah rokok sebanyak itu dihisap oleh 62,9% laki-laki dan 1,4% wanita Indonesia yang berusia 15 atau lebih.

Dana yang dihamburkan perokok Indonesia sekitar 1,1 trilyun rupiah setiap tahunnya atau 204 juta rupiah setiap menitnya. Uang sebanyak itu setara dengan uang yang diperlukan untuk menyediakan 70 ribu kilogram beras untuk setiap menitnya.

Negara-negara yang maju dunianya telah berusaha keras membasmi rokok. Demikian pula Negara-negara yang maju agamanya seperti Arab Saudi, Para Ulamanya telah lama mengumumkan bahwa rokok itu haram, maka masyarakatnya pada umumnya telah menjauhi rokok. Semoga Allah senantiasa memberikan Hidayah-Nya pada bangsa kita, Indonesia ini, agar dapat merdeka dari penjajah yang kejam ini, rokok, asap dari api yang dapat membawa pada neraka dunia dan akhirat. Wallaahul-musta’an.

Terima kasih untuk paraSumber:

– cerita sahabat saya

– Google:

– http://kosmo.vivanews.com/news/read/62220-1_172_orang_per_hari_meninggal_karena_rokok

http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1143019131,52555,

http://www.indosiar.com/fokus/27759/tiap-menit-9-orang-meninggal-karena-merokok

  1. 27 Mei 2010 pukul 9:49 PM

    Seberuntung-untungnya orang yang lupa, masih beruntung orang yang beriman dan waspada serta menyambung tali silaturahmi. Dan tidak lupa selamat bagi para sahabatku yang telah dapat berhenti meroko untuk dapat menikmati hidup yang sehat.

    Dan : .. alhamdulillah, terima kasih atas semuanya ..

  2. zhie
    31 Mei 2010 pukul 3:42 PM

    zhie sangat nggak suka sama cowok yang merokok kak !!!

    Dan : .. semoga Allah memberi zhie kebaikan ..

  3. 7 Juni 2010 pukul 9:10 AM

    Tau rokok SIN nggak?, itu rokok dari bahan herbal dan nggak berbahaya. Selain itu nikotinnya amat sedikit.

    Dan : .. saya mendengar seorang herbalis menyebutkan bahwa herbal tidak dapat digunakan dengan cara dihisap asapnya seperti rokok, jadi rokok herbal tetap berbahaya.. walaupun namanya demikian, rokok tetaplah rokok

    • CBS
      29 Agustus 2010 pukul 9:01 PM

      Untuk sohib-sohib yang suliat meninggalkan ROKOK, silahkan coba ‘Rokok’ SIN. Jangan berkomentar dulu sebelum mencoba & mencari info lebih banyak tentang ‘Rokok’ SIN ini. Lebih lanjut silahkan hubungi kami di 08112225299. Terimakasih

  4. 11 Desember 2010 pukul 3:48 PM

    Rokok sin diambil dari nama sebuah gunung di Timur Tengah.
    Rokok sin mempunyai berbagai khasiat positif yang timbul dari berbagai campuran ramuan rempah-rempah
    Rokok sin tidak hanya unggul dalam rasa namun juga unggul dalam manfaat.
    Selama ini banyak orang berpikir bahwa rokok herbal kurang dalam rasa, namun setelah mengkonsumsi rokok ini mereka tentunya akan mengubah pandangan mereka.
    Segera anda coba dan nikmati rasanya.

    Dan : .. menurut herbalis, rokok herbal itu tetap berbahaya seperti rokok lainnya karena herbal tidak ada yang digunakan dengan cara seperti rokok ..

  5. 7 Juni 2011 pukul 4:26 PM

    no smoking

  6. 6 November 2011 pukul 10:08 AM

    Nice post ..
    boleh tukeran link g?
    ini link saya http://blog.umy.ac.id/ghea
    kalo boleh di kabarin yah.. makasih..

Comment pages
  1. 13 Juli 2014 pukul 2:21 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: