Beranda > Bersihkan Hati > Hadits Keutamaan Sedekah Si Kaya dan Cara Sedekah Si Papa

Hadits Keutamaan Sedekah Si Kaya dan Cara Sedekah Si Papa

Semua orang bisa bersedekah, tinggal ketulusan niat hati, motivasi dan berlatih. Semoga ALLAH memberi kita hidayah taufiq tuk dapat mengamalkannya.

Sedekah merupakan amalan utama bagi seorang muslim. Telah banyak dicontohkan oleh Nabi, para Shahabat, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik.  Para Shahabat yang memiliki harta telah banyak menginfakkan harta mereka.  Para Shahabat yang tak punya harta pun ingin dapat melakukan kebaikan sedekah tersebut, maka mereka pun bertanya kepada Nabi.

Hadits ke dua puluh lima dalam kitab Arba’in Nawawi.

عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ نَاساً مِنْ أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى   الله عليه وسلم قَالُوا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا رَسُوْلَ اللهِ، ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُوْرِ بِاْلأُجُوْرِ يُصَلُّوْنَ كَمَا نُصَلِّي، وَيَصُوْمُوْنَ كَمَا نَصُوْمُ، وَتَصَدَّقُوْنَ بِفُضُوْلِ أَمْوَالِهِمْ قَالَ : أَوَ لَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَا يَتَصَدَّقُوْنَ : إِنَّ لَكُمْ بِكُلِّ تَسْبِيْحَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَهْلِيْلَةٍ صَدَقَةً وَأَمْرٍ بِالْمَعْرُوْفِ صَدَقَةً وَنَهْيٍ عَن مُنْكَرٍ صَدَقَةً وَفِي بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةً قَالُوا  : يَا رَسُوْلَ اللهِ أَيَأْتِي أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُوْنُ لَهُ فِيْهَا أَجْرٌ ؟ قَالَ : أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِي حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ وِزْرٌ ؟ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِي الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ .

[رواه مسلم]

Terjemah hadits / ترجمة الحديث :

Dari Abu Dzar radhiallahuanhu : Sesungguhnya sejumlah orang dari shahabat Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam [1]) berkata kepada Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam: “ Wahai Rasululullah, orang-orang kaya telah pergi dengan membawa pahala yang banyak, mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka (sedang kami tidak dapat melakukannya). (Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam) bersabda : Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian jalan untuk bersedekah ? : Sesungguhnya setiap tashbih [2]) merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, amar ma’ruf nahi munkar merupakan sedekah dan setiap kemaluan kalian[3]) merupakan sedekah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah masakah dikatakan berpahala seseorang diantara kami yang menyalurkan syahwatnya ?, beliau bersabda : Bagaimana pendapat kalian seandainya hal tersebut disalurkan dijalan yang haram, bukankah baginya dosa ?, demikianlah halnya jika hal tersebut diletakkan pada jalan yang halal, maka baginya mendapatkan pahala.

(Riwayat Muslim)

—————————————————-
1. Yang dimaksud dengan mereka adalah para shahabat Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam yang fakir dari kalangan Muhajirin.
2. Tashbih adalah ucapan Shubhanallah.
3. Maksudnya adalah melakukan jima’ dengan istri.
—————————————————–

Pelajaran yang terdapat dalam hadits / الفوائد من الحديث :

  1. Sikap bijak dalam menanggapi berbagai kondisi serta mendatangkan kabar gembira bagi jiwa serta menenangkan perasaan.
  2. Para shahabat berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan.
  3. Luasnya keutamaan Allah ta’ala serta banyaknya pintu-pintu kebaikan yang dibuka bagi hamba-Nya.
  4. Semua bentuk zikir sesungguhnya merupakan shodaqoh yang dikeluarkan seseorang untuk dirinya.
  5. Kebiasaan-kebiasaan mubah dan penyaluran syahwat yang disyariatkan dapat menjadi ketaatan dan ibadah jika diiringi dengan niat saleh.
  6. Anjuran untuk meminta sesuatu yang dapat bermanfaat bagi seorang muslim dan yang dapat meningkatkan dirinya ke derajat yang lebih sempurna.
  7. Didalam hadits ini terdapat keutamaan orang kaya yang bersyukur dan orang fakir yang bersabar.

———————————

Semoga ALLAH membimbing kita tuk dapat mengamalkannya dengan ikhlash mengharap Ridho-Nya. Semoga ALLAH menolong kita dalam berdzikir dan melakukan ketaatan kepada-Nya. Semoga kita dapat merasakan betapa indahnya dekat dengan-Nya.

  1. 23 Januari 2010 pukul 8:12 PM

    Begitu banyak jalan untuk bersedekah, tapi masih saja kita enggan melakukannya….Na’udzubillah…semoga, sekecil apapun perbuatan baik yang kita lakukan adalah bentuk sedekah kita….

    Dan: ……aamiin, semoga ALLAH menerima amal kita itu……

  2. wyd
    26 Januari 2010 pukul 10:02 AM

    dg bersedekah sekaligus mendapatkan doa tulus dari orang2 yang kita berikan

    Dan: ……🙂 iya, benar juga yah, semoga ALLAH memberi kita Hidayah-Nya ……

  3. 31 Januari 2010 pukul 1:12 PM

    bila sedekahnya untuk pembangunan sarana umum, maka akan menjadi amal jariyah

    Dan: ……untuk masjid, madrasah, dsb yah ?🙂 ……

  4. fitri liana
    8 Maret 2010 pukul 8:30 PM

    banyak orang mengatakan sedekah itu dengan harta kekayaan tapi kekadang diri sendiri pun lupa kata2/nasihat yang baik juga sedekah..senyuman juga sedekah malah doa sesama kita juga sedekah bukan..

    Dan : .. 🙂 iya.. benar…

  5. 9 Maret 2010 pukul 3:53 PM

    jadikan sedekah kebutuhan sehari hari spt makan dll …

    Dan : .. semoga Allah menolong kita…

  6. indri
    12 Agustus 2011 pukul 11:15 AM

    sedekah bisa juga melalui tenaga, waktu dan harta looh… ayo maksimalkan shodakoh dan infaq dibulan ramadhan jangan lupa zakat fitrahnya ya…

  7. 28 September 2011 pukul 1:50 AM

    Mari kita bersedekah dalam keadaan lapang mupun sempit.

  8. 31 Oktober 2011 pukul 8:01 PM

    jangan lah kita menghardik orang yang meminta

  9. 31 Oktober 2011 pukul 8:03 PM

    -_-

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: