Beranda > sains > Matahari

Matahari

matahari

Matahari adalah makhluk ciptaan Allah. Makhluk yang sangat besar dan kuat. Sinarnya sampai ke bumi dan memberi banyak sekali manfaat bagi kehidupan. Jika Allah tidak menciptakan matahari untuk kita, apa yang terjadi? Bumi ini akan gelap, dingin, malam selamanya? Bersyukur kita kepada Allah yang telah memberi kita matahari dan manfaatnya.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah kalian bersujud kepada matahari maupun bulan, tapi bersujudlah kalian kepada  Allah Yang telah menciptakan mereka…

[41. Fushshilat:37]

Dan matahari yang besar dan kuat itu pun bersujud taat kepada Allah. Bagaimana dengan kita yang kecil dan lemah ini?

Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia?

[22. Al Hajj”:18]

Dan matahari yang besar dan kuat itu pun tunduk taat kepada Allah. Bagaimana dengan kita yang kecil dan lemah ini?

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy [548]. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

[7. Al A’raaf:54]

[548]. Bersemayam di atas ‘Arsy ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani, sesuai dengan kebesaran Allah dan kesucian-Nya.

Semoga Allah memberi kita hidayah-Nya, dan menolong kita untuk taat kepada-Nya sehingga kita kan merasakan indahnya kebaikan dalam kehidupan dan bahagia dunia akhirat.

————————————————————————————–

Matahari menurut Wiki

Matahari adalah bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak rata-rata 149.680.000 kilometer (93.026.724 mil). Matahari serta kedelapan buah planet (yang sudah diketahui/ditemukan oleh manusia) membentuk Tata Surya. Matahari dikategorikan sebagai bintang kecil jenis G.

Matahari adalah suatu bola gas yang pijar dan ternyata tidak berbentuk bulat betul. Matahari mempunyai katulistiwa dan kutub karena gerak rotasinya. Garis tengah ekuatorialnya 864.000 mil, sedangkan garis tengah antar kutubnya 43 mil lebih pendek. Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar, karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari.

Di samping sebagai pusat peredaran, matahari juga merupakan pusat sumber tenaga di lingkungan tata surya. Matahari terdiri dari inti dan tiga lapisan kulit, masing-masing fotosfer, kromosfer dan korona. Untuk terus bersinar, matahari, yang terdiri dari gas panas menukar zat hidrogen dengan zat helium melalui reaksi fusi nuklir pada kadar 600 juta ton, dengan itu kehilangan empat juta ton massa setiap saat.

Matahari dipercayai terbentuk pada 4,6 miliar tahun lalu. Kepadatan massa matahari adalah 1,41 berbanding massa air. Jumlah tenaga matahari yang sampai ke permukaan Bumi yang dikenali sebagai konstan surya menyamai 1.370 watt per meter persegi setiap saat. Matahari sebagai pusat Tata Surya merupakan bintang generasi kedua. Material dari matahari terbentuk dari ledakan bintang generasi pertama seperti yang diyakini oleh ilmuwan, bahwasanya alam semesta ini terbentuk oleh ledakan big bang sekitar 14.000 juta tahun lalu.

Lebih lengkapnya, lihat sumbernya langsung:  http://id.wikipedia.org/wiki/Matahari

37. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah.
  1. dan
    14 Januari 2010 pukul 11:05 AM

    Alhamdu lillaah, pagi ini matahari di kota saya bersinar cerah.🙂

  2. 14 Januari 2010 pukul 10:23 PM

    Wah, di blog saya ada bulan dan langit. Disini ada matahari….Ada yang posting benda langit lain ga ya, meteor, asteroid, komet, ga ya❓

    • dan
      15 Januari 2010 pukul 10:04 AM

      mungkin ada..🙂

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: