Beranda > sosial > Tingkat Kekuatan Cinta

Tingkat Kekuatan Cinta

cintaIlmu Pengetahuan Cinta
Bab IV. Tingkat Kekuatan Cinta

Sebelumnya… di Ilmu Pengetahuan Cinta..
Bab I. Pengantar
Bab II. Pengertian Cinta
Bab III. Jenis Cinta

Tingkat Kekuatan Cinta

Cinta itu dengan hati, ucapan dan perbuatan, cinta itu bisa bertambah dan berkurang, cinta itu memiliki tingkatan kekuatan, dari tingkatan yang lemah sampai tingkatan yang tinggi.

Cinta dengan tingkat kekuatan tertinggi akan sangat mengagumkan. Cinta ini akan membawa pelakunya untuk berjuang demi yang dicintai bahkan sampai tingkat pengorbanan, dan mengorbankan cinta lainnya. Cinta ini disertai rasa tunduk, patuh, harap dan takut serta perendahan diri atau pengagungan terhadap yang dicintai.

Contoh tingkat kekuatan tertinggi cinta yang mengagumkan adalah cinta Nabi Ibrohim kepada Allah -ta’ala-. Beliau patuh kepada Allah ketika diuji dengan perintah untuk menyembelih putra kandungnya sendiri yang sangat dicintainya. Demikian pula cinta para Nabi selain beliau kepada Allah, mereka berjuang untuk Allah dan mengorbankan cinta kepada selain-Nya.

Setelah melihat sekilas tingkatan tertinggi, tentunya kita akan dapat mengira tingkatan-tingkatan dibawahnya. Masing-masing tingkatan kekuatan cinta akan menyesuaikan pada setiap jenis cinta. Pada setiap manusia akan terdapat beberapa jenis cinta dan masing-masing memiliki tingkat kekuatan yang berbeda.

Penjelasan lebih lengkap mungkin di tulisan nantinya tentang manajemen cinta, insya Allah.

[&]

  1. 14 Desember 2009 pukul 10:51 AM

    sudah sampai bab empat……

    >>>>> jawab: .. iya..

  2. 14 Desember 2009 pukul 7:11 PM

    cinta… kadang tidak masuk logika

    >>>>>jawab: ..benar.. dan cinta & logika setiap insan juga berbeda-beda..

  3. 15 Desember 2009 pukul 10:44 AM

    Kalau memang benar sudah mencintai Allah, maka salah satu parameternya ialah tidak lagi dibayang-bayangi oleh takut api neraka dan harapan masuk sorga. Dalam pandangannya, Allah itu bukan Tuhan yang suka menyiksa atau kejam, tetapi Maha Penyayang.

    Salah satu parameter seorang mukmin atau muslim yang belum sampai pada tahap pengenalan dan cinta kepada Allah ialah masih suka mengidentikkan Allah dengan tukang siksa atau tukang azab. Selain itu, ibadahnya masih dibayang-bayangi oleh harapan terhindar dari api neraka atau terhindar dari ‘siksaan’.

    • dan
      15 Desember 2009 pukul 11:03 AM

      Justru cinta pada Allah itu harus disertai takut akan adzab-Nya dan harapan akan Surga-Nya, itulah Cinta yang tertinggi, jika tidak maka itu bukan cinta sejati tapi meremehkan Allah, na’udzu billaahi min dzaalik. Allah menciptakan surga dan neraka itu agar manusia harap dan takut kepada Allah.

      Bagaikan seekor burung yang terbang, ibadah pada Allah harus dengan Cinta seperti kepalanya, Takut dan Harap seperti kedua sayapnya. Tanpa ketiganya, takkan dapat terbang, takkan sempurna.

      Jika Allah ridho pada seorang hamba, Dia akan memasukkannya ke Surga, menjauhkannya dari neraka, itu janji Allah, takkan berubah.

  4. 15 Desember 2009 pukul 1:32 PM

    hmmm kalo aq pribadi punya 5 derajat cinta plus 1…hehehe… Allah, RasulNya Shalallahu’alaihi wasallam, suamiq, keluarga(ortu,adik2, sanak kerabat) dan kaum muslimin di seluruh dunia…plus…untuk segenap mahluk ciptaanNya yg kagak bikin mudharat..^^

    >>>>>jawab: .. sip bagus sekali.. doakan yah biar ku dapat istri kucintai, yang baik akhlak dan agamanya..

  5. 15 Desember 2009 pukul 4:35 PM

    Cinta hanya karenaNYA dan hanya untukNYA.
    salam.

    >>>>>jawab: .. bagus sekali.. salam..

  6. 15 Desember 2009 pukul 7:09 PM

    cinta yg hakiki hanya pada-NYA

    btw, Hi salam kenal, just blogwalking doang. main dong ke blog saya
    -http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/nais-inpo-gan/mrlist/1234/
    -http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/news/mrlist/1233/
    dijamin KETAGIHAN …!!!! ^_^
    salam

    >>>>>jawab: ..salam.. hampir masuk spam tuh..

  7. 7 Januari 2010 pukul 8:55 AM

    duh gi jatuh cinta sama Allah nih,,,makasih ya ilmu tentang cintanya. kapan-kapan saya mampir lagi kesini ya,,,🙂

  8. uso solihin
    11 Maret 2011 pukul 10:53 AM

    elmyna :
    duh gi jatuh cinta sama Allah nih,,,makasih ya ilmu tentang cintanya. kapan-kapan saya mampir lagi kesini ya,,,

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: