Beranda > sosial > Memahami Arti Cinta

Memahami Arti Cinta

love symbolIlmu Pengetahuan Cinta

Bab II. Pengertian Cinta

Setelah diantarkan oleh bab I marilah kita memahami bab berikutnya.. (serius amat..🙂 )

Cinta berarti Sayang, mungkin begitulah secara sederhana. Seorang anak yang dijelaskan demikian oleh ibunya mungkin telah memahami bahwa ibunya menyayangi dirinya, begitu juga ayahnya, dan diapun menyayangi mereka dan keluarganya. Namun ketika si anak tumbuh dan mulai tertarik terhadap lawan jenisnya mungkin ia kan merasakan ternyata ada cinta yang berbeda. Perbedaan itu sepertinya karena adanya perbedaan jenis dan kekuatan cinta.

Kamus mengartikan “cinta” sebagai “kasih sayang yang mendalam”. Sedangkan Wiki lebih lengkap mengatakan: Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi (kasih sayang/menghargai) terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Kalau menurutku, (perhatikan yah,🙂 ); Cinta adalah suatu perasaan hati yang baik atau positif terhadap suatu objek tertentu; yang perasaan tersebut dapat menimbulkan berbagai perasaan lain yang mengiringinya seperti rasa kasih sayang, menghargai, menghormati, ingin berbuat baik, melindungi, menjaga, menolong, membantu, menyenangkan, menghilangkan kesusahan, memberi, & membahagiakan kepada objek yang dicintai, juga perasaan rindu, ingin bersama, berhubungan baik, harap, takut, cemas, cemburu, dsb;

Selain itu dapat juga menimbulkan berbagai tindakan perwujudan perasaan2 itu dan tindakan seperti peduli, perhatian, taat, tunduk, patuh, bahkan sampai pengorbanan. Perasaan ini juga dapat menimbulkan efek perasaan timbal balik yaitu ingin dicintai oleh objek yang dicintai. Timbulnya berbagai perasaan dan tindakan yang mengiringi cinta itu tergantung pada jenis dan tingkatan kekuatan cinta.

Revisi.1* berbagai perasaan dan tindakan tersebut mungkin juga bukan perasaan iringan, tetapi justru menjadi unsur atau bagian dari perasaan cinta itu sendiri.  Masing-masing jenis dan kekuatan cinta bisa memiliki beberapa perasaan atau tindakan khusus yang menjadi cirinya. *

Wah, panjang bener yah, habis memang begitulah cinta, rumit untuk dijelaskan.. mudah-mudahan paham ..😀 hehe.. tentunya andai pendapatku itu benar…🙂 Tentu untuk memahami cinta tidak cukup sampai di sini, perlu melihat hal-hal lainnya setelah pengertiannya ini. Sepertinya berat untukku menyempatkan waktu.. tapi semoga saja bisa, doakan yah.. semoga bermanfaat..

  1. 5 November 2009 pukul 7:21 PM

    Maaf Cuma bercanda yaa…🙄
    kalau gitchu.. kita tanya arti Cinta
    sama Melly & Arie Lasso yaa..??? boleh kan..??

    –##– link dihapus dengan kebijakan dan izin dari sang komentator –##–

    >>>>> jawab: … wah.. blogku jadi bermusik nih.. padahal lagi puasa dari musik…
    kalo itu satu jenis cinta… dan mgkn yg paling banyak dibicarakan.. atau dinyanyikan… mgkn kita pernah mrasakan.. tapi setelah tau ilmu cinta.. ku sadari.. cinta itu komitmen.. dan jodoh itu takdir.. jadi harus hati2 dg cinta dan sikapi dg benar.. ikuti terus pelajaran cintaku yah… hehe..🙂

    • 5 November 2009 pukul 9:34 PM

      Dan… maaf ya.., kalo lagi “puasa dari Musik..” trus gak berkenan mohon di hapus aja ya.. maaf banget lhoo… aku gak niat .. gangguin ketenanganmu.. dg musik tsb..
      karena tadinya saya pikir anak muda sekarang pd seneng musik.. hee..hee…
      ternyata kali ini aku salah.., ya udah sekali lagi maafkan yaa…

      Trims dan Salam.

      >>>>> jawab: ..wah bijak sekali Anda… oke deh.. kan segera dihapus.. terima kasih..

      Tapi memang benar bahwa anak muda sekarang banyak yang senang musik bahkan banyak yang mati di konser musik.. maaf.. Tapi banyak juga yang seperti saya.. insya Allah.. yang berusaha menahan diri walau mungkin dulunya pecinta musik juga seperti lainnya, kami menahan diri karena Allah (-insya Allah- semoga ikhlash).. mengikuti nabi, shahabat dan para ulama, mereka menjauhkan diri dari musik… sebagai salah satu ujian cinta kepada Allah.. dan semoga Allah menggantinya dengan cinta pada bacaan Al-Quran.. aamiin..

      sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Om, semoga Allah memberi kita hidayah. Mohon maaf jika kurang berkenan.. (kok jadi serius gini yah🙂 )

  2. 5 November 2009 pukul 8:47 PM

    Cintaa…HHmm…Manis rasanya…
    Dan tentu saja bisa menumbuhkan beribu semangat jiwa🙂

    >>>>> jawab: .. tapi ingat.. manis bisa madu bisa juga racun.. karna di zaman ini banyak racun yang manis..🙂
    .. bisa juga mungkin beribu jiwa bersemangat cinta..🙂 ..Trims ya.. udah berkunjung lagi…

  3. 5 November 2009 pukul 10:56 PM

    wah… lengkap nih pengertian tentang cintanya..
    mantap buat referensi…
    Salam

    >>>>> jawab: …wah akhirnya ada yang mau jadiin referensi nih… hebat bener saya yah..😀 ahaha.. sebentar, mau direvisi sedikit.. trims ya.. semoga tidak menyesatkan…🙂 jadi ge er nih saya…

  4. 5 November 2009 pukul 11:13 PM

    perlu waktu lama, sampai saya juga bisa posting tentang cinta ini, ternyata disini malah mau disusun kitabnya…🙂

    >>>>> jawab: .. hehe.. iya yah.. pasti lama banget nih selesainya.. padahal udah pengin nulis yang lain.. semoga cepet selesai deh paling tidak dasarnya dulu.. lainnya menyusul..🙂

  5. dan
    9 November 2009 pukul 11:43 PM

    cinta dalam bahasa Arab: mahabbah, berasal dari kata hubb, yang akar katanya ada 5 makna: 1.putih bersih (Bagian gigi yang putih bersih disebut habab al-asnān), 2.tinggi dan tampak (Bagian tertinggi dari air hujan yang deras disebut habab al-māi), 3.terus menerus dan menetap (Unta yang menelungkup dan tidak bangkit-bangkit dikatakan habb al-ba’īr), 4.inti atau saripati sesuatu (Biji disebut habbah, Jantung hati, kekasih, orang yang tercinta disebut habbat al-qalb), 5.menjaga dan menahan (Wadah untuk menyimpan dan menahan air agar tidak tumpah disebut hibb al-māi.
    -[lih.kitabnya Ibnul-Qoyim tentang cinta]

  6. 13 November 2009 pukul 2:47 PM

    i lop yu pull!!! nice post bro, emnag tingkatan tertinggi dalam sebuah motivsi ibadah adalah karena CINTA, yups karena CINTA kepada-NYA……lam kenal ya bro, keep on moving with moralic blogging!!!!

    >>>>> jawab:… iya… cinta itu diibaratkan oleh ulama seperti kepala kalau pada burung, dan sayapnya adalah takut dan harap… agar bisa terbang dengan baik maka ketiganya harus ada, sinkron dan seimbang..
    “moralic blogging” bagus tuh…

  7. 15 Desember 2009 pukul 10:46 AM

    Menurut saya, cinta sebenarnya tidak dapat kita definisikan. Ia hanya bisa dirasakan🙂

  8. dan
    15 Desember 2009 pukul 11:07 AM

    rasa dan logika, intuisi dan definisi adalah tipis saling bersinggungan.. pemahaman definisi dapat mempengaruhi perasaan dan juga sebaliknya..

  9. khandarraysah
    16 Januari 2011 pukul 7:08 PM

    is when u can’t hate no metter how much WRONG is done to you if you can LOVE…
    beyond all HURTS & PAIN ===================
    then it’s LOVE…
    -:-:-:-:-:-:-:-:-:-:-:-:-

    Dan : .. is that right? ..

Comment pages
  1. 10 Desember 2009 pukul 6:04 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: