Beranda > sosial > Memahami Arti Cinta

Memahami Arti Cinta

love symbolIlmu Pengetahuan Cinta

Bab II. Pengertian Cinta

Setelah diantarkan oleh bab I marilah kita memahami bab berikutnya.. (serius amat.. 🙂 )

Cinta berarti Sayang, mungkin begitulah secara sederhana. Seorang anak yang dijelaskan demikian oleh ibunya mungkin telah memahami bahwa ibunya menyayangi dirinya, begitu juga ayahnya, dan diapun menyayangi mereka dan keluarganya. Namun ketika si anak tumbuh dan mulai tertarik terhadap lawan jenisnya mungkin ia kan merasakan ternyata ada cinta yang berbeda. Perbedaan itu sepertinya karena adanya perbedaan jenis dan kekuatan cinta.

Kamus mengartikan “cinta” sebagai “kasih sayang yang mendalam”. Sedangkan Wiki lebih lengkap mengatakan: Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi (kasih sayang/menghargai) terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Kalau menurutku, (perhatikan yah, 🙂 ); Cinta adalah suatu perasaan hati yang baik atau positif terhadap suatu objek tertentu; yang perasaan tersebut dapat menimbulkan berbagai perasaan lain yang mengiringinya seperti rasa kasih sayang, menghargai, menghormati, ingin berbuat baik, melindungi, menjaga, menolong, membantu, menyenangkan, menghilangkan kesusahan, memberi, & membahagiakan kepada objek yang dicintai, juga perasaan rindu, ingin bersama, berhubungan baik, harap, takut, cemas, cemburu, dsb;

Selain itu dapat juga menimbulkan berbagai tindakan perwujudan perasaan2 itu dan tindakan seperti peduli, perhatian, taat, tunduk, patuh, bahkan sampai pengorbanan. Perasaan ini juga dapat menimbulkan efek perasaan timbal balik yaitu ingin dicintai oleh objek yang dicintai. Timbulnya berbagai perasaan dan tindakan yang mengiringi cinta itu tergantung pada jenis dan tingkatan kekuatan cinta.

Revisi.1* berbagai perasaan dan tindakan tersebut mungkin juga bukan perasaan iringan, tetapi justru menjadi unsur atau bagian dari perasaan cinta itu sendiri.  Masing-masing jenis dan kekuatan cinta bisa memiliki beberapa perasaan atau tindakan khusus yang menjadi cirinya. *

Wah, panjang bener yah, habis memang begitulah cinta, rumit untuk dijelaskan.. mudah-mudahan paham .. 😀 hehe.. tentunya andai pendapatku itu benar… 🙂 Tentu untuk memahami cinta tidak cukup sampai di sini, perlu melihat hal-hal lainnya setelah pengertiannya ini. Sepertinya berat untukku menyempatkan waktu.. tapi semoga saja bisa, doakan yah.. semoga bermanfaat..

Iklan
  1. 3 September 2017 pukul 8:48 AM

    Տomebody essentially assist to make sіɡnificantly aгticles I would state.
    That is the firѕt time I frequented your web pɑge and to this point?
    I amazeⅾ with tһe analysis you made to create this particulаr submit
    incredible. Ꭼxcellent job!

Comment pages

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: