Beranda > Hari Raya dan Waktu2 Utama > Manusia dan Tarawih

Manusia dan Tarawih

Perjalanan menuju masjid yang saya pilih untuk sholat Tarawih di malam Ramadhan sejak beberapa hari lalu menimbulkan pertanyaan di benak saya. Bagaimana tidak? Karena jalanan ramai dengan orang yang bepergian bukan ke masjid, padahal saat itu adalah waktunya Shalat Tarawih.

Perjalanan dari rumah menuju masjid itu memang melalui jalan raya, perempatan besar dan sebuah mal sehingga tentunya ramai. Tetapi apakah orang-orang tersebut muslim dan tidak sholat Tarawih berjama’ah di masjid? padahal keutamaannya kan besar.

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat malam (di bulan Ramadhan) bersama imam sampai selesai, maka dia dicatat telah menegakkan sholat satu malam penuh”. (Terjemah HR. Ahmad, dishohihkan oleh at-Tirmidzi dan al-Albani dalam Irwaul Gholil:447)

“Adalah manusia (dizaman kholifah Umar radliyallahu ‘anhu) menegakkan (Tarawih berjamaah) di awal waktunya” (terjemahan HR. Bukhori: 1906)

Mungkin mereka ada halangan yang syar’i atau mereka non muslim, mungkin ada yang masih jam bekerja di tempat-tempat perbelanjaan itu. Yang menjadi masalah adalah jika mereka malas untuk shalat Tarawih karena ada yang terlihat sedang main-main saja di jalanan atau di kampung.

Maka Penyebab Malas Sholat Tarawih saya kelompokkan menjadi dua:

A. Penyebab seseorang malas sholat Tarawih atau malas ikut Sholat Tarawih berjama’ah.

B. Penyebab seseorang tidak ikut sholat Tarawih di suatu masjid dan memilih sholat Tarawih di masjid lain.

A. Penyebab seseorang malas sholat Tarawih atau malas ikut Sholat Tarawih berjama’ah diantaranya:

1. Kurangnya iman dan semangat beribadah, terbuai dengan gemerlap perhiasan dunia atau takut kehilangan beberapa keuntungan dunia.

2. Karena rangkaian ibadah Tarawih yang diada-adakan (tidak ada contoh dari nabi) yang tidak disukai oleh seseorang sementara orang itu tidak mengetahui kalau hal itu merupakan tambahan yang seharusnya tidak ada. Maka orang itu merasa dirinya tidak menyukai sholat tarawih.

3. Kurang ilmu agama, tidak paham makna dan arti bacaan sholat, doa, dan ayat Al-Quran sehingga tidak mampu menyerap manfaat lebih banyak.

B. Penyebab seseorang tidak ikut sholat Tarawih di suatu masjid dan memilih sholat Tarawih di masjid lain diantaranya:

1. Pelaksanaan shalat Tarawih di suatu masjid tidak sesuai dengan tata cara yang diyakini dari pemahaman seseorang sehingga ia memilih sholat Tarawih di masjid lain yang sesuai dengan pemahamannya. Hal ini karena terdapat perbedaan pendapat dalam umat Islam.

2. Pelaksanaan shalat Tarawih di suatu masjid terdapat penyimpangan terhadap syari’at yang dia tau sehingga memilih masjid lain.

3. Pelaksanaan shalat Tarawih di suatu masjid berjalan tidak khusyuk, ribut, atau terlalu cepat, atau bacaan imam tidak benar.

Mungkin itulah diantara beberapa penyebabnya, semoga bisa didapat solusinya.

  1. 11 Agustus 2010 pukul 10:41 PM

    ada benarnya juga

    Dan : ..🙂 ..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: