Beranda > Hari Raya dan Waktu2 Utama > Yang menyedihkan di Ramadhan

Yang menyedihkan di Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang suci, seharusnya kaum muslimin menyambutnya dengan baik. Namun memang manusia bukan malaikat, ada saja kesalahan yang kita buat. Ramainya manusia berbondong bondong beribadah di masjid dengan semangat Ramadhan memang meyenangkan, tetapi apa jadinya jika suasana sholat tarawih yang seharusnya khusyuk menjadi gaduh.

Di suatu masjid, ketika sang imam selesai membaca Al-Fatihah, banyak anak-anak yang membaca amin dengan bercanda, tanpa rasa khusyuk sedikitpun. Mungkin dapat dimaklumi karena mereka masih anak-anak yang belum mengerti. Lalu siapa yang salah? Nampaknya para orang tua, para pendidik, media, dan lingkungan masyarakat belum mampu membimbing anak-anak itu bagaimana bersikap terhadap agama.

Mungkin banyak di antara kita kaum muslimin yang masih menganggap remeh terhadap agama, menjadikannya sebagai main-main dan sendai-gurau sehingga ditiru oleh anak-anak tersebut.

Kemudian ada satu hal lagi, seseorang menceritakan keluhannya tentang ulah sekelompok orang yang ronda membangunkan sahur sekitar jam dua, padahal sahur sebaiknya adalah diakhirkan.

Bahkan sebenarnya ronda sahur tersebut seharusnya tidak dilakukan karena tidak ada tuntunannya di dalam Islam, disamping itu juga mengganggu dan meresahkan masyarakat banyak, apalagi yang non muslim. Bagi yang muslim saja hal itu sudah banyak mengganggu kekhusyukan ibadah Ramadhan ini, apalagi zaman sekarang sudah cukup banyak fasilitas. Kegiatan itu sungguh mencemarkan nama baik Islam.

Bulan Ramadhan ini seharusnya dijalani dengan tenang dan khusyuk, bukan dengan main-main, senda gurau atau hura-hura.

  1. 25 Agustus 2009 pukul 11:54 AM

    syukron telah berbagi
    salam ukhuwah
    http://mromi.wordpress.com/

    >>>>> jawab: afwan…smoga Allah ta’ala mempererat ukhuwah kita dalam kebenaran…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: