Beranda > sosial > Harapan atas Fatwa MUI tentang rokok

Harapan atas Fatwa MUI tentang rokok

Rokok memang sudah menjadi umum di negeri ini. Walaupun sudah diperingatkan tentang bahayanya, masih banyak saja yang mengkonsumsinya. Korbannya juga sudah banyak katanya, korban sakit berat sampai korban jiwa. Namun jika rokok dilarang dengan semua usaha yang berkaitan dikuatirkan menimbulkan masalah ekonomi katanya.

Para ulama di negara lain sudah berfatwa bahwa rokok itu haram hukumnya, contohnya di Saudi. Di negara maju pun sangat mendukung untuk menghilangkan rokok dan aturan larangan merokok di tempat umum juga berjalan.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? agaknya ini adalah salah satu dari banyak masalah yang harus dihadapi. Sepertinya saya hanya dapat berharap semoga kita bisa bebas dari bahaya rokok, para perokok tidak merokok di tempat umum atau di sekitar orang yang tidak merokok, para pekerja rokok dapat memperoleh pekerjaan lain, petani tembakau juga beralih ke tanaman lain yang baik, dan rokok tinggal menjadi sejarah yang pahit, kapan ya?

  1. galuhmanulis
    1 Februari 2009 pukul 8:19 PM

    sepertinya hal itu baru bsa terwujud jika pemerintah tegas menetapkan aturan larangan merokok. Jika hanya dengan fatwa MUI aja, gak bisa
    saya harap perokok dapat menghormati orang yang tidak merokok. jangan merokok di tempat umum (ex. rumah makan, bis, dll).

    Dan : ..setuju…

  2. 5 Februari 2009 pukul 11:38 AM

    Bukan pesimistis sih mas… tapi kayaknya bangsa ini sudah terlanjur diperbudak oleh rokok deh…
    Padahal—kalo sekedar ingin memanfaatkan meberdayakan petani tembako—rokok bukan satu-satunya ‘penolong’. Nah lo… rokok seolah-olah malah menjadi ‘tuhan’ bagi sebagian masyarakat Indonesia.

  3. imam
    1 Mei 2010 pukul 11:44 AM

    sudahlah jangan mengharamkan apa-apa yang tidak diharamkan oleh Allah.jangan pula mentakwilkan apa-apa yang tidak jelas dalalahnya itu dosa besar

    Dan : .. benar Mas, memang tidak boleh seperti itu, memberi fatwa itu urusan besar, urusannya para ulama besar yang di hati-hati mereka terdapat al-Quran dan al-Hadits, dan dengan kaidah-kaidah pengambilan dalil yang rinci dengan pertimbangan yang banyak. Dan ternyata para ulama besar seluruh dunia telah berfatwa bahwa rokok itu haram, mungkin kita harus mempelajari alasan mereka dulu ya Mas.

    Allah mengharamkan semua yang berbahaya bagi diri dan orang lain, yang bahayanya lebih besar daripada manfaatnya. Dan ternyata rokok itu seperti itu mas, sangat berbahaya bagi manusia, baik penggunanya dan orang lain.

    Menurut Data yang disurvei oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2006-2007, sekitar 427 ribu orang meninggal setiap tahun di Indonesia karena rokok.

    Sekitar setengah dari jumlah perokok, kata Tjandra, akan meninggal akibat rokoknya. Separuh dari mereka yang meninggal itu akan tutup usia pada umur 35-69 tahun. ”Sekitar 100 juta orang meninggal akibat rokok di abad ke-20. Kalau situasinya tetap seperti ini, maka akan ada satu miliar orang yang akan mati akibat rokok di abad ke-21 ini, kematian akibat rokok di kalangan pria di negara maju sebanyak 1,6 juta orang. Di negara berkembang sebesar 1,8 juta orang. Jadi, total pria yang meninggal akibat rokok sebanyak 3,4 juta orang.

    Sedangkan wanita di negara maju yang meninggal akibat benda ini sebanyak 0,5 juta orang. Di negara berkembang sebanyak 0,3 juta orang. Totalnya sebanyak 0,8 juta orang. Dengan demikian, total kematian pada 2000 akibat rokok adalah 4,2 juta per tahun, atau 350 ribu per bulan, atau 11.666 per hari, atau 486 per jam. ”Tercatat ada delapan orang meninggal dunia setiap menit di dunia akibat rokok,”

    Rokok itu racun mas, dan Allah telah mengharamkan bunuh diri dan menyakiti diri sendiri, apalagi orang lain.

    ….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: