Beranda > keluarga > Keluarga

Keluarga

Ada orang yang hidup sendirian tanpa keluarga, ada yang hidup jauh dari keluarga, ada yang hidup bersama keluarga, ada juga yang sedang ingin berkeluarga. Keluarga dapat membuat manusia bahagia atau sedih.

Pada umumnya ketika seorang manusia lahir, maka ia berada dalam lingkup keluarga. Keluarganya membantu memenuhi kebutuhan hidupnya hingga ia tumbuh dewasa. Pada keluarga yang baik, para anggotanya saling membantu dengan sukarela sehingga mempermudah mereka dalam menjalani kehidupan.

Saya pernah menonton sebuah film dokumenter yang sempat membahas hal ini. Dikatakan bahwa sistem keluarga yang telah ada secara turun temurun atau tradisional adalah baik dalam menghadapi masalah-masalah sosial seperti pengangguran, lansia, pendidikan dsb.

Ya, karena itu tadi bahwa dalam keluarga, para anggotanya saling membantu dengan sukarela sehingga beberapa masalah sosial diharapkan dapat diatasi. Para ilmuwan itu menyatakan hal tersebut setelah meyaksikan keadaan di negara yang masyarakatnya mulai meninggalkan sistem keluarga tradisional karena praktek seks bebas yang menyebabkan banyak ibu tunggal, dan banyak masalah sosial.

Tetapi dalam keluarga pun dapat terjadi konflik yang disebabkan masalah internal ataupun eksternal (sosial) dan konflik itu pun dapat menimbulkan masalah sosial. Watak manusia, pendidikan, pengalaman, sosial, budaya, ekonomi dapat mempengaruhi ketahanan dan keutuhan keluarga dan fungsinya.

Bagaimana sistem keluarga yang baik / ideal? Bagaimana keadaan sosial dan budaya yang baik bagi sistem keluarga? Apakah ada contohnya di suatu negara?

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: