Beranda > agama > Agama

Agama

Apa itu agama, definisinya. Apakah suatu keyakinan, pandangan / jalan hidup, ideologi, atau pemahaman mengenai aturan hidup bagi manusia.

Yang jelas, agama sangat mempengaruhi umat manusia, ia dapat mempersatukan dan dapat memecah-belah. Ia dapat membangun suatu peradaban dan dapat menghancurkannya. Ia dapat membawa kedamaian, dapat pula menyebabkan peperangan.

Para pemeluk agama saling berselisih tentang agama mereka sendiri, dengan agama lain juga dengan ateis. Ada banyak pemahaman agama atau aliran / sekte yang satu sama lain berbeda walaupun ada kesamaan. Tentu saja masing-masing megaku benar dan yang lain salah. Ada yang mengaku meyakini semuanya benar. Sedangkan paham ateis pun mengaku benar dan menyatakan yang lain salah.

Lalu paham siapakah yang benar sementara masing-masing mempunyai argumentasi dan pengikut. Mungkinkah semuanya benar? Mungkinkah semuanya salah? Jika paham ateis benar, maka semua paham agama selain ateis salah. Jika ateis salah, maka di antara paham agama selain ateis ada yang benar. Mungkinkah semua paham selain ateis benar? tentu tidak, karena masing-masing saling bertentangan dalam beberapa hal. Kecuali mungkin benar dalam beberapa hal.

Jadi jika dikatakan bahwa semua agama benar, itu tidak mungkin. Tetapi jika dikatakan bahwa ada suatu ajaran dari semua agama atau yang semua agama sepakat itu benar, maka itu mungkin. Misalnya tentang kebaikan, kejujuran, kedamaian, saling menolong dalam kebaikan dan sebagainya.

Lalu apakah agama bermanfaat bagi manusia? atau paham agama manakah yang paling bermanfaat bagi manusia?

mungkin setiap kelompok paham agama termasuk ateis menyatakan pahamnya sendiri yang paling bermanfaat bagi manusia.

Maka dari itu, dapatkah kita melihat atau merasakan buktinya? atau kita akan berusaha membuktikan pengakuan kita masing-masing.

——

  1. Vedasastra
    16 April 2010 pukul 11:02 PM

    Makna ‘agama’ menurut yang punya istilah: http://vedasastra.wordpress.com/2010/04/16/pengertian-dan-makna-agama/

    Dan : hmm.. yg punya istilah? siapa ya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: